MUSYAWARAH DESA KHUSUS PENETAPAN PENERIMA MANFAAT BLT DD

  • John
  • Mar 25, 2023

Warudu. Musdes khusus validasi, finalisasi dan penetapan calon penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Warudu Kecamatan Kao Utara, dilaksanakan pada hari Kamis(16/2/2023) pukul 09.00 WIT.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa dan perangkat desa Warudu, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM dan anggota, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, LKD, Ketua RW dan RT, Perwakilan Perempuan dan undangan lainnya.

Kepala Desa Warudu menyampaikan, Musdes khusus yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian tahapan yang telah dilakukan oleh desa dalam menyusun penerima manfaat BLT DD dengan melibatkan ketua RT dan Ketua RW. Dimana Kades selaku penanggungjawab dalam tim relawan pendataan Masyarakat ekonomi miskin.

Sebelumnya Kades telah memberikan arahan kepada Ketua RW dan RT di masing-masing  wilayah untuk dilakukan pendataan dan usulan untuk menjadi penerima manfaat BLT DD dengan persyaratan yang sudah ditentukan pemerintah pusat maupun daerah. Sehingga data yang telah ada merupakan orang yang masuk kategori layak untuk menjadi penerima manfaat BLT DD dan yang belum masuk dalam data base DTKS.

Musdes kali ini diagendakan validasi, finalisasi dan sekaligus penetapan data, yang mana sumber data yang akan di sepakati tersebut ada dua yaitu data DTKS dan data hasil usulan dari Ketua RW dan RT dan telah dilakukan penyaringan.

Kepala Desa menegaskan, bahwa kedua sumber data ini dapat menjadi calon penerima BLT DD dikarenakan merujuk juknis dari pemerintah pusat, data para calon penerima BLT DD yang telah disusun tersebut masuk kategori;
a. Bukan penerima PKH
b. Bukan penerima BPNT
c. Bukan penerima kartu pra kerja
d. Bukan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dri kementerian sosial.

Musdes kali ini menghadirkan berbagai unsur masyarakat antara lain tokoh masyarakat, pemuka agama dan keterwakilan perempuan, agar apa yang dihasilkan dan ditetapkan bersama dalam musyawarah ini ikut mensosialisasikan kepada warganya. Serta hasil dari penetapan BLT DD ini jangan sampai ada pandangan di masyarakat kelak bahwa itu adalah otoriter pemerintah desa, itu yang perlu dihindari.

Sedangkan target penyaluran BLT DD ini diharapkan bisa terlasana dengan secepatnya.